TANTANGAN
Indonesia memiliki penderita Tuberkulosis (TBC) tertinggi ketiga di dunia. Kehadiran pandemi COVID-19 menjadi tantangan baru dalam upaya mencapai pemberantasan TBC di Indonesia pada tahun 2030. Untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang penyakit TBC dan pencegahannya, Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Johnson & Johnson Indonesia untuk mengadakan kampanye sosialisasi TBC. Kampanye ini dilakukan melalui saluran komunikasi digital dengan kemasan yang menarik untuk memicu partisipasi aktif dan membangun antusiasme masyarakat.
STRATEGI
ID COMM ditunjuk untuk mengkatalisasi inisiatif ini agar mencapai potensinya sepenuhnya melalui serangkaian kegiatan komunikasi publik: aktivasi ‘TOSS TBC Virtual Run’, pengembangan microsite, serangkaian artikel di media daring, talk show radio, kolaborasi dengan influencer untuk promosi kampanye dan keterlibatan di media sosial, serta mengadakan konferensi pers untuk peluncuran lari virtual.
KELUARAN
Kampanye TOSS TBC Virtual Run berhasil menjangkau sekitar 100 juta impresi melalui media online, sekitar 4.000 keterlibatan melalui konten media sosial, dan berpotensi dilihat oleh sekitar 250.000 audiens. Kampanye ini juga mencapai kesuksesan luar biasa dengan memenangkan penghargaan perak PR Indonesia Award (PRIA) 2021 untuk kategori “Corporate PR Program”.