TANTANGAN
Menjaga kebugaran sangat penting di tengah pandemi COVID-19, dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah menginisiasi kampanye ‘Olah Raga Tanpa Batas’ untuk penyandang disabilitas guna meningkatkan kesadaran akan pentingnya berolahraga bagi masyarakat umum, terutama individu dengan disabilitas. Salah satu tantangan bagi ID COMM adalah merumuskan serangkaian pesan yang efektif untuk memotivasi penyandang disabilitas agar berolahraga secara mandiri selama pandemi COVID-19. Sebagai hasilnya, dari September hingga Oktober 2020, Kemenpora (dengan bantuan ID COMM) telah melaksanakan sejumlah kegiatan sosialisasi kampanye untuk mendorong kelompok disabilitas berolahraga lebih banyak guna menjaga kondisi kesehatan selama pandemi.
STRATEGI
Deputi 3 Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora telah menunjuk ID COMM untuk mengembangkan beberapa strategi sosialisasi. Yang pertama adalah produksi video inspiratif yang berisi pesan dari 4 atlet disabilitas yang membagikan pengalaman pribadi mereka serta kata-kata penyemangat yang menekankan bahwa keterbatasan fisik bukanlah halangan untuk berprestasi dan mencapai tujuan pribadi, serta tidak boleh dijadikan alasan untuk tidak berpartisipasi dalam kegiatan olahraga selama pandemi COVID-19. Kedua, ID COMM juga menginisiasi media briefing untuk menyampaikan pesan-pesan edukatif kepada media agar dapat disebarluaskan kepada masyarakat umum, terutama kelompok demografis penyandang disabilitas. Selain itu, segmen talk show berjudul ‘Hidup Sehat’ juga disiarkan di TVOne dengan tujuan mengingatkan masyarakat untuk menjaga stamina dan kebugaran yang baik serta berbagi kisah inspiratif dari atlet disabilitas kepada audiens yang relevan. Strategi keempat adalah pendekatan pemasaran viral dengan tujuan menyebarkan video inspiratif dengan tagar #OlahRagaTanpaBatas ke 25 program pendukung pemasaran digital untuk memastikan video tersebut menjangkau komunitas, dan strategi terakhir adalah merilis iklan di media sosial.
KELUARAN
Video yang diunggah oleh akun Instagram @deputi3kemenpora telah meraih 434.372 interaksi dengan potensi menjangkau 3.737 individu, dilihat 4.443 kali. Akun IG @deputi3kemenpora juga mengunggah 25 cerita IG yang mengumpulkan 95 interaksi dengan potensi menjangkau 5.326 orang, dilihat 6.159 kali. Untuk strategi pemasaran viral, 25 program pendukung juga mengunggah total 25 cerita IG dan 25 unggahan video IG yang menarik 74.261 keterlibatan (balasan, kunjungan profil, ketukan tagar/akun, suka, komentar, berbagi, dan bookmark) dengan potensi menjangkau 73.245 individu, dilihat 157.268 kali. Iklan media sosial yang dipromosikan dengan akun IG @deputi3kemenpora memiliki potensi dilihat 2.093.080 kali oleh 2.080.330 orang, yang telah melampaui target awal menjangkau 2.000.000 individu. Secara total, output keterlibatan dari iklan media sosial dan metode pemasaran digital berhasil menjangkau 2.153.575 orang dan dilihat 2.250.348 kali.